Thursday 19 April 2012

Yesus mati demi sukacita masyarakat yang baru

Mengapa Yesus mati? Saya harap jawaban ini jelas buat Anda. Janganlah sekadar berkata bahwa dia mati untuk menyelamatkan saya. Itu hanya satu bagian saja dari kebenarannya. Jangan sekadar berkata Yesus mati karena dia mengasihi saya. Itu juga hanya satu bagian dari motivasinya untuk mati. Jawaban lengkapnya tidak seperti itu. Yang kita bahas adalah mengapa dia mati, dalam pengertian, apakah rencana dan tujuan kekalnya? Dan kita mendapati bahwa jawaban yang alkitabiah ini sangat jelas. Dia mati untuk menguduskan baginya suatu umat kepunyaannya sendiri. Dan karena mereka adalah miliknya pribadi, maka mereka harus hidup bagi kemuliaan Allah Bapa setiap saat, setiap hari. Tantangan yang sungguh indah. Dan karena mereka hidup bagi kemuliaan Allah Bapa, maka orang lain akan tertarik datang kepada-Nya, orang lain bisa memperoleh hidup yang kekal. Mereka menemukan terang itu melalui kita. Orang lain tertarik untuk masuk ke dalam hidup yang baru ini. Hidup yang tidak harus diisi dengan keegoisan, keangkuhan, dan kebencian untuk bisa mencapai sukses. Ini adalah hidup yang dijalani sedemikian hingga akan membentuk satu masyarakat, saling menasehati (sebagaimana yang dikatakan dalam 1 Tes 5:11) dan saling membangun satu dengan yang lain, saling peduli pada kesejahteraan sesama, membangun masyarakat baru di mana terdapat kasih, dan keadilan berdiam di sana. Ini adalah visi yang sangat indah!

Dan saya sampaikan sekali lagi, saat Yesus mati, saat dia menghembuskan nafas terakhirnya ketika digantung di kayu salib, saya yakin bahwa itu adalah saat bersukacita [baginya] karena visi ini telah meneguhkannya sampai dengan saat yang terakhir - yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia.

Kiranya hari ini kita bisa memberi Yesus Krstus sukacita yang besar, bukannya hanya meneteskan air mata atas kematiannya - seperti yang saya katakan, air mata kita tidak akan pernah cukup - melainkan dengan bangkit dan berkata, "Tuhan, engkau telah mati untuk tujuan ini. Engkau telah menjadikan aku sebagai milikmu; Engkau telah membeliku dengan darahmu; dengan kasih karuniamu, aku akan menjalani hidup demi kemuliaan Allah Bapa di surga. Aku akan menjalani hidup ini dengan cara yang menyenangkan Bapa, sehingga ketika engkau mengenangkan lagi kayu salib dan semua penderitaan yang telah kau lalui, engkau akan bersukacita. Engkau akan melihat hasil dari jerih payahmu dan bersukacita.

No comments:

Post a Comment