Wednesday, 28 March 2012

Mempelajari kehidupan yang kita lalui

Hidup itu bagaikan sebuah sekolah, dimana ada banyak pelajaran yang harus kita pelajari, dan ujian yang harus kita lewati. Kejadian-kejadian yang kita alami baik itu menyakitkan maupun yang membahagiakan adalah sebuah materi pelajaran dan juga merupakan sebuah ujian. Jika kita mampu mempelajarinya dengan baik maka kita akan mampu melewati sebuah ujian, sehingga kita akan naik ke kelas yang lebih tinggi. Jika kita sudah naik kelas maka kita akan mempelajari pelajaran yang lebih sulit dan menghadapi ujian yang lebih berat.

Dalam mempelajari kehidupan yang kita lalui, harus selalu disikapi dengan sabar & ikhlas, karena setiap ujian yang berat kadang membuat hati kita menjadi lemah, sehingga menimbulkan amarah, emosi, kegelisahan, kegalauan ataupun keputusasaan. Maka dari itu dengan hati yang sabar dan ikhlas kita akan mampu mempelajari kehidupan dan melewati ujian dengan baik.

Tuhan adalah guru dalam kehidupan kita, Dia lah yang menentukan segala materi yang akan kita pelajari, dan Dialah pula yang akan menguji kita sesuai dengan kemampuan kita, dan semua itu demi membuat kita menjadi lebih baik dari sebelumnya. Maka kepatuhan kita terhadap Tuhan juga merupakan salah satu faktor mampu tidaknya kita belajar dengan baik.

Sebagai murid yang baik kita harus selalu menetapkan hati kita dalam keteguhan iman, kebaikan perilaku, niat yang suci dan upaya untuk membahagiakan sesama, karena itulah sebuah dasar kebaikan dan kepatuhan kita terhadap Tuhan.

Semoga kita semua dapat mempelajari hidup ini dengan baik, dan mampu melewati segala ujian, sehingga kita semua dapat menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya dan bermanfaat bagi sesama. Amien.

No comments:

Post a Comment