Sunday 8 April 2012

ARTI PASKAH BAGI KITA UMAT YANG PERCAYA ?

1 Petrus, 1 : 18 - 19

Jadi, jangan kita merasa sebagai umat tebusan Tuhan, jangan merasa kita telah memiliki penebusan oleh darah Yesus Kristus, kalau kita belum memiliki gaya hidup yang baru !
Percuma kita merayakan Paskah, percuma kita merayakan Jumaat Agung dan ibadah-ibadah Paskah memperingati penderitaan, kematian dan kebangkitan Tuhan serta merayakan perayaan yang berhubungan dengan Paskah. Kalau gaya hidup kita tidak berubah, betapa sedih hati Tuhan saudara-saudaraku, kalau melihat orang-orang percaya/orang-orang Kristian yang merayakan Paskah tanpa perubahan hidup !
Jadi, setiap kita merayakan Paskah, kita harus mengingat panggilan untuk mengenakan manusia baru didalam Tuhan, setiap kali kita memperingati Paskah kita harus ingat bahwa kita telah ditebus dari cara hidup yang kita warisi dari nenek moyang kita.
Ini bukan sesuatu yang automatik terjadi ! Tetapi ini suatu panggilan !
Panggilan yang ditujukan bagi semua orang Kristian, panggilan yang ditujukan bagi semua orang percaya. panggilan ini harus dikenakan oleh setiap kita orang percaya siapapun dia. Sehingga saudaraku sekalian ; semua orang yang percaya kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan juruslamat memiliki gaya hidup yang berbeza dengan dunia atau lingkungan dimana kita berada, hal inilah yang membuat kita merasa bertanggung jawab !
Dan memang inilah tanggung jawab kita, tanggungjawab kita sebagai anak-anak tebusan yang dapat dan harus keluar dari cara hidup yang kita warisi dari nenek moyang kita !
Kenyataan yang kita lihat hari ini, banyak orang Kristian yang tidak memiliki tanggung jawab untuk hidup dalam proses penebusan, sebab proses penebusan itu juga mengandung suatu proses dimana cara hidup kita yang lama yang kita warisi dari nenek moyang kita diubah masuk kedalam kehidupan yang baru sebagai umat pilihan Tuhan.
Ini tanggung jawab, ini panggilan saudara-saudaraku, nah, masalahnya yang sekarang yang kita jumpai, justru ketika orang menjadi Kristian dia merasa Tuhan punya panggilan, kita panggil, manusia panggil, umat panggil untuk memenuhi kebutuhan, untuk mengabulkan doa, untuk memenuhi keinginan, untuk memakmurkan kehidupan sesuai dengan polanya atau modelnya yang dikehendakinya !
Ini sebuah penyesatan !
Sehingga proses penebusan yang seharusnya berlangsung dalam hidup orang Kristian tidak berlangsung, tidak terjadi atau tidak terwujud ! jadi kita semua punya tanggungjawab ! kita punya panggilan untuk memasuki proses penebusan itu.
Jangan berpikir kita dapat automatik menjadi orang baik, tidak,! tidak ada yang gratis disini. Setelah menjadi anak Tuhan, kita ditebus oleh darah Yesus Kristus kita automatik jadi orang baik, automatik jadi orang yang berkenan dan menyenangkan hati Tuhan ! itu tidak demikian saudara !
Memang secara hukum kita milik Tuhan, kerana Tuhan telah beli kita dengan darah-Nya dan harganya sudah lunas dibayar, tetapi secara kenyataannya kita semua masih berkrakter yang buruk yang tidak kalah buruknya dengan orang-orang yang bukan Kristian ! jadi jangan kita merasa setelah menjadi Kristian secara automatik kita sudah baik, sudah benar,atau lebih baik dari orang-orang yang bukan Kristian, ini kesombongan dan sekali gus kebodohan.
Ketika kita ditebus oleh Tuhan Yesus Kristus kerana kita percaya kepada-Nya sebagai Tuhan dan Juruslamat, maka tidak automatik krakter dosa kita hilang, tidak automatik kebiasaan kita dapat berubah, tetapi kita mulai memilik panggilan untuk hidup dalam proses panggilan, memang secara hukum kita sudah ditebus oleh darah Yesus Kristus, tetapi secara kenyataannya kita masih memiliki kebiasaan-kebiasaan yang buruk bahkan jahat yang tidak berkenan dihadapan Tuhan, baik yang kelihatan dari luar secara lahiriah maupun sikap-sikap batiniah kita.
Sikap batiniah maksudnya sikap iri, cemburu, dendam, tidak mengasihi, tidak mengampuni, tidak menerima orang lain sebagaimana adanya, memberi dengan kasih tidak mengharapkan balasan dan lain sebagainya.
Jadi kita belum benar !, belum sempurna !, jadi kita masih harus masuk proses penebusan dan inilah tanggungjawab yang harus dipikul dan harus dipenuhi oleh setiap orang-orang yang percaya !

No comments:

Post a Comment