Friday 15 June 2012

"BERDAMAILAH DENGAN SESAMAMU"

Injil: Mat.5:20-26

Banyak kali kita memaksa Tuhan untuk mengampuni kita, mendengarkan jeritan hati kita, serta mengabulkan permohohan dan doa kita, sementara hati kita tetap menyimpan dendam, benci, iri dan fitnah terhadap sesama kita. Banyak kali kita ingin agar Tuhan memperhatikan kita sementara kita tak pernah membuka mata terhadap derita sesama, mendengarkan kisah mereka serta memberi ruang di hati kita untuk mereka.

Syarat Tuhan sangat jelas pagi ini dalam Injil, jika engkau membawa persembahanmu tapi teringat ada sesuatu yang mengganjal di hatimu dengan sesamamu, pulanglah...berdamailah dengannya/mereka, kemudian datanglah dan ajukanlah persembahanmu kepada Tuhan, maka Tuhan akan menjawab engkau.

Intinya, di hadapan-Nya, Tuhan selalu bertanya kepadamu, bagaimana relasimu dengan saudara/sesamamu sama seperti Ia pernah bertanya kepada Kain tentang Abel. Karena itu, air mata mohon ampun dan maaf di hadapan Tuhan hanya bisa melambung lurus ke hadirat-Nya jika engkau menyingkirkan segala sikap iri, dengki, dendam dan fitnah di hatimu terhadap saudara/sesamamu. Berdamailah dengan sesamamu maka Tuhan membiarkan Diri-Nya tinggal di dalam engkau dan engkau di dalam Dia.

No comments:

Post a Comment