Friday 15 June 2012

HARI RAYA HATI YESUS YANG MAHAKUDUS Renungan: "ASAH OTAK TATA HATIMU"

Injil: Yoh 19:31-37

Lalu dari luka yang ditikam si prajurit keluarlah "Air dan Darah." yang memberikan kehidupan dan keselamatan kepada manusia. "Air dan Darah" yang mengalir dari lambung Yesus kemudian dijelaskan oleh Sang Pemilik kepada sekretaris kerahiman Ilahi-Nya, Santa Faustina sebagai berikut: "Dari pakain-Nya yang terbuka di dada keluarlah dua sinar besar; yang satu berwarna merah dan yang satu lagi berwarna pucat. Yang pucat melambangkan "air yang menguduskan jiwa-jiwa. Yang merah melambangkan darah yang memberi hidup bagi dunia." Yesus lalu menambahkan, "dua sinar itu keluar dari kerahiman-Ku ketika Hati-Ku dibukan dengan tombak di salib."

Hari ini kita merayakan "Hari Raya Hati Yesus Yang Mahakudus," yang kiranya menarik kembali kita semua untuk melihat dan merenungkan sejauh mana "air dan darah" Yesus telah membuat kita hidup menjadi kudus/suci di dunia ini. Jikalau Hati-Nya menjadi sumber kelembutan, cinta dan pengampunan, maka hendaklah kita pun menata hati kita untuk menyerupai hati-Nya, menjadi sumber cinta, hidup dan pengampunan bagi orang lain. Pertanyaan yang patut kita renungkan adalah "apakah kita pun telah menjadi "air dan darah" (fungsi pengudusan dan memberi hidup) kepada orang lain bila memang kita telah menerima cuma-cuma dari Sang Pemilik Hati dan Kehidupan?"

Pesan saya kepada sahabat-sahabat selalu sama untuk menggunakan otak dan hati kita sebagai pemberian istimewa dari Sang Ilahi, yakni; "Asahlah otakmu selalu tapi jangan lupa tata hatimu." Otak menunjukkan kepintaran dan kehebatan (kejeniusan Anda) kepada orang lain, tapi hendaklah semuanya dilakukan dengan penuh kerendahan hati (fungsi hati) sehingga kepintaranmu tidak menjadi ancaman bagi orang lain melainkan sebaliknya mejadi berkat bagi mereka yang membaca dan mendengarkan engkau setiap saat. Intinya, "asah otakmu tapi jangan lupa tata hatimu."

No comments:

Post a Comment