Sunday 5 August 2012

NILAI KETULUSAN

“Ia tidak takut kepada kabar celaka, hatinya tetap penuh kepercayaan kepada Tuhan”
(Mazmur 112:7)


Dua orang Ibu lagi berbelanja baju sekolah di sebuah kedai pakaian. Penjualnya ternyata melayani dengan buruk. Mukanya pun cemberut.
Ibu pertama jelas gangguan menerima layanan yang buruk seperti itu. Yang mengherankan, ibu kedua tetap enjoy, bahkan bersikap sopan kepada penjual itu.
Ibu pertama berbisik pada ibu kedua, "Hei. Kenapa Ibu bersikap sopan kepada penjual menyebalkan itu?"
Ia menjawab, "Hah, kenapa saya harus mengizinkan dia menentukan cara saya dalam bertindak? Kitalah sang penentu atas kehidupan kita, bukan orang lain."
"Tapi dia melayani kita dengan buruk sekali," bantah ibu pertama. Ia masih merasa kesal.
"Ya, itu masalah dia. Dia mau bad mood, tidak sopan, melayani dengan buruk, dan lainnya, dia tu tak ada kaitannya dengan kita. Kalau kita sampai terpengaruh, bererti kita membiarkan dia mengatur dan mempengaruhi hidup kita. Padahal kitalah yang bertanggungjawap atas diri sendiri."

Yes! Itu point-nya!

Seandainya ada orang yang melakukan hal yang buruk kepada kita, jangan pernah biarkan orang tersebut menentukan cara kita bertindak.Sayangnya, seringkali kita tidak berbuat demikian. Tindakan kita senang dipengaruhi oleh tindakan orang lain kepada kita.
Kalau mereka melakukan hal yang buruk, kita akan membalasnya dengan hal yang lebih buruk lagi. Kalau mereka tidak sopan, kita akan lebih tidak sopan lagi. Kalau orang lain kejam terhadap kita, kita yang semula pemurah tiba-tiba jadinya sedemikian kejam kalau harus berurusan dengan orang itu.

Mari renungkan. Mengapa tindakan kita harus dipengaruhi oleh orang lain? Mengapa untuk berbuat baik saja, kita harus menunggu diperlakukan dgn baik oleh orang lain dulu?

Jaga hati kita jangan biarkan sikap buruk orang lain kepada kita menentukan cara kita bertindak! Pilih untuk tetap berbuat baik, sekalipun menerima hal yang tidak baik kerena tindakan yang kita lakukan akan menunjukkan siapakah sejatinya diri kita…

No comments:

Post a Comment